Selasa, 23 Juni 2015

Urban Legend Jepang



Urban Legend Jepang

siang semuanya ^o^/ yuk kita bahas tentang yokai xD maaf jika ada salah kata ^/\^

1. Kejoro




kejoro adalah sejenih hantu yang berasal dari Jepang, hantu ini memiliki perawakan yang sexy dengan rambut panjang yang menghiasi kepalanya. tapi Kejoro hanya memiliki kecantikan di belakang dan di bagian depan hanya kejelekan.
Umumnya hantu ini sering dipersepsikan dengan hantu Pekerja Seks Komersial atau segala hal yang berhubungan dengan dunia prostitusi karena hantu ini sering muncul di daerah lampu merah dan sekitar daerah pelacuran. Kejoro akan mengikuti pria tersebut dari belakang dan setelah pria tersebut menyadari keberadaannya maka Kejoro akan mengajak pria tersebut untuk mengobrol.

2. kappa


Kappa, Kappa adalah urban legend Jepang yang berada di perairan, kappa memiliki perawakan seukuran anak kecil dengan wajah seperti monyet, berkulit seperti reptil dengang didominasi warna hijau dan juga bertaangan/kaki berselaput seperti katak. Sesuatu yang paling dapat dicatat dari kappa adalah lekuk berisi air diata kepala mereka. Rongga-rongga ini dikelilingi oleh rambut tipis, dan potongan rambut sejenenis ini dinamai okappa-atama dari makhluk-makhluk ini.
Kappa selalu dinyatakan sebagai penyuka mentimun. Kappa adalah makhluk yang nakan dan iseng, sikapnya selalu menfitnah, mengejek, mencuru tanaman, menculik anak-anak, dll. Tapi, kappa tidak sepenuhnya nakal, sekali bersahabat, kappa diketahui melakikan beragam pekerjaan manusia, seperti membantu petani, mengairi sawahnya. Mereka juga memiliki pengetahuan dalam bidang pengobatan, dan legenda menyatakan bahwa mereka mengajarkan seni mengembalikan tulang ke posisinya pada manusia, karena beberapa aspek kebaikan hati ini, beberapa kul didirikan untuk memuja khususnya kappa yang suka menolong. Kappa juga bisa ditipu untuk menolong orang, dengan rasa sopan yang kuat tidak mengizinkan mereka untuk melanggal supah, sebagai contoh, jika seorang manusia mampu menipu kappa hingga berjanji menolongnya, kappa tidak memiliki pilihan keculi mengikutinya.



3. Nurahriyon






 adalah sejenis yokai (monster supernatural dalam cerita rakyat jepang) yang berasal dari prefektur wakayama. Kadangkala dipercaya diturunkan dari legenda umibozu dari prefektur okayama.
Nurahriyon sering dgambarkan sebagai kakek-kakek botak panjang dengan memakai kimono. Nurahriyon selalu dikatakan sebagai pemimpin dari para yokai (wowww hebat *o*). Nurahriyon dapat keluar masuk rumah orang dengan mudah sebagai pemilik rumah penuh hormat busur dan gelombang salam perpisahan. Hanya setelah dia telah meninggalkan tidak ada yang menjadi curiga terhadap orang tua misterius yang hanya dikunjungi.


4. Karasu Tengu





Tengu adalah makhluk dalam legenda Jepang. yokai yang erat hubungannya dengan burung elang atau gagak. Tengu memiliki perawakan seperti hidung yang panjang, wajahnya merah, memiliki sepasang sayap, serta kuku kaki dan tangan yang sangat panjang. Tengu bisa terbang bebas di angkasa sambil membawa tongkat yang disebut kongōzue, pedang besar, dan kipas berbentuk daun. Pekerjaannya menghalangi orang yang ingin mendalami agama Buddha.
Tengu dilihat sebagai transformasi dari dewa Shinto, sering dikaitkan dengan pohon-pohon tinggi. Secara umum, Tengu memiliki dua bentuk fisik. Yang pertama disebut Karasu tengu yang memiliki kepala dan paruh seperti burung. Yang kedua adalah Konoha Tengu yang memiliki bentuk seperti manusia namun memiliki sayap dan hidung yang panjang (kadang disebut Yamabushi Tengu) Karakter Tengu secara bertahap berubah selama berabad-abad. Misalnya, Tengu telah lama berpikir untuk menculik anak-anak. Selama berabad-abad, Tengu menjadi lebih manusiawi dalam penampilan dan mengambil peran protektif dalam urusan manusia. Para Tengu dapat mengubah dirinya menjadi seorang pria, wanita, atau anak, tetapi disquise disukai adalah untuk muncul sebagai, bertelanjang kaki mengembara, gunung tua pertapa ataupun rahib (yamabushi) dengan hidung yang sangat panjang. Baik tanuki magis (musang) dan oinari (rubah) juga dapat mengubah ke bentuk manusia, dan dalam beberapa tradisi Jepang dua makhluk yang benar-benar dianggap hewan manifestasi dari Tengu.

5. Inugami



Inugami adalah sejenis roh yang digunankan para penyihir yang digunakan untuk santet, Inugami banyak di temukan di Jepang bagian barat. Inugami memiliki perawakan seperti anjing biasa untuk menghindari kecurigaan dalam proses penyantetan Inugami merupakan hewan peliharaan gaib yang loyal dengan satu orang pemilik atau keluarga, sama seperti seekor anjing normal lainnya.  Hanya saja, ketika Ia tidak diperlakukan secara hewani, mereka akan menyerang balik majikaannya. Dan lagi, roh ini dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya sebagai benda pusaka.
Teknik pembuatan roh Inugami diturunkan dari generasi ke generasi. Cara untuk membuatnya yaitu pertama seseorang mengubur seekor anjing hidup-hidup dengan disisakan kepalanya saja di daratan. Kedua, taruh makanan didepan hidung si anjing dan usahakan jangan sampai Ia berhasil meraih makanan tersebut, dan tinggalkan selama 24 jam. Selanjutnya, anjing yang hampir mati kelaparan tersebut dipotong kepalanya dan ditinggalkan di pinggir jalan ramai. Ketiga, setelah satu minggu diendapkan, barulah kepala anjing didoakan agar terdapat roh anjing yang disebut inugami. Keluarga yang melakukan hal ini disebut dengan inugami mochi .

6. Yuki onna



Yuki onna memiliki tampilan dengan tubuh yang tinggi dengan rambut lurus nya yang panjang dan bibir dan kulit biru pucat, ia memakai kimono putih. Meskipun tampak cantik, tatapan matanya dapat meneror manusia. Ia melayang di atas salju, sehingga tidak meninggalkan jejak kak. ia dapat berubah menjadi kabut jika keberadaannya teranca. Menurut legenda, Yuki-onna yang dikaitkan dengan musim dingin dan badai salju, adalah arwah seseorang yang tewas dalam salju  Di sisi lain, ia tampak cantik dan tenang, namun kejam saat membunuh orang yang tak bersalah.  Yuki-onna menampakkan diri pada para pengelana yang terjebak dalam badai salju, dan menggunakan hembusan nafasnya yang dingin untuk membekukan mereka sampai mati. Legenda lain menyatakan bahwa mereka menyesatkan para pengelana sampai mati kedinginan. Seperti salju dan musim dingin, Yuki-onna memiliki sisi yang lembut. Kadangkala ia membiarkan korbannya pergi karena berbagai alasan. Dalam suatu legenda, ia membiarkan seorang pemuda tetap hidup karena ketampanan dan usia yang masih muda. Ia membuat perjanjian agar si pemuda tidak menceritakan keberadaannya, namun di kemudian hari, si pemuda menceritakan pertemuannya dengan Yuki-onna kepada istrinya yang ternyata merupakan penjelmaan Yuki-onna. Si istri menghujat suaminya karena telah melanggar perjanjian, namun ia mengampuni nyawa suaminya demi kelangsungan hidup anak-anak mereka (namun jika si suami berani menganiaya anak mereka, Yuki-onna akan datang kembali tanpa memberi ampun kepadanya. Untungnya, si suami merupakan seorang ayah yang baik)

7. Akaname



Akaname adalah setan atau siluman dari cerita rakyat Jepang. Arti dari Akaname sendiri adalah kotoran penjilat dalam bahasa Jepang, akaname juga dapat di terjemahkan seperti penjilat merah sejak alias atau homonim untuk merah dan kotoran. Dari pengertian ini Akaname sering di gambarkan dengan warna merah.

Akaname adalah "personifikasi takut menggunakan kamar mandi yang gelap pada larut malam." Dari banyak cerita mengatakan Akaname muncul pada malam hari untuk menjilat kotoran yang ada di kamar mandi.
Jika anda pernah mendengar suara bising yang aneh dalam kamar mandi pada tengah malam, mungkin itu bukan lah kecoa ataupun jenis serangga lain nya. Mungkin saja, itu adalah suara yang di timbulkan oleh Mahluk misterius

Akaname yang tinggal di toilet atau kamar mandi. Dengan adanya keberadaan mereka kamar mandi kita akan menjadi sangat bersih. Karena Akaname menyukai hal hal yang kotor di kamar mandi. Mahluk ini benar benar menguntungkan walaupun kadang kadang mengejutkan orang dengan penampilan nya yang aneh.

8. Bakeneko 



Bakeneko bisa diartikan sebagai kucing monster, kucing hantu, atau kucing setan. Tetapi yang paling akurat adalah “Kucing yang menyamar,” karena sifat dan karakteristiknya yang suka menyamar
Secara spesifik, bakeneko mampu berubah menjadi setengah manusia atau utuh. Beberapa bakeneko tetap berbentuk seperti kucing dan berbicara layaknya manusia dan mengenakan baju manusia. Legenda lainnya menyebutkan kucing setan ini mengenakan handuk di kepalanya dan berdansa dengan kedua kaki. Dan yang paling langka adalah manusia yang berubah menjadi kucing, tetapi dipanggil juga bakeneko. Karena kemampuannya tersebut, bakeneko masuk ke golongan yokai henge, atau yokai berubah bentuk. 

9. futakuchi onna



Futakuchi-Onna adalah salah satu siluman di jepang dengan ciri-ciri mereka adalah memiliki dua mulut, yang pertama adalah mulut normal yang terletak di muka dan yang kedua adalah mulut yang terletak di belakang kepala di bawah rambut.
Di sana, tengkorak wanita terpisah atau terbelah dan membentuk bibir, gigi dan lidah. Sehingga menciptakan mulut kedua yang dapat digunakan dan membuat rambut seperti tentakel sehingga bisa mengambil makanan dan memasukan makanan tersebut ke mulut yang berada di belakang.
Futakuchi-onna juga memakan makanan melewati bibir normal, namun mulut di bagian belakang kepalanya mengkonsumsi dua kali lipat.Dalam mitologi dan cerita rakyat jepang, futakuchi-onna hampir memiliki awal kisah yang sama dengan cerita Rokurokubi, Kuchisaki-onna dan Yama-Uba. Yaitu perempuan yang menderita karena kutukan atau penyakit supranatural yang mengubahnya menjadi siluman.
Ada beberapa cerita yang merupakan asal-usul futakuchi-onna dengan memiliki dua mulut, tetapi hal yang paling sering dikaitkan adalah wanita yang sering diet atau jarang makan.
Futakuchi-onna awalnya (Normal) merupakan istri dari suami yang pelit sehingga jarang diberi makan. Untuk mengatasi ini, mulut kedua muncul secara misterius di bagian belakang kepala wanita itu. Mulut kedua ini sering bergumam hal-hal jahat untuk mengancam perempuan ini agar segera makan.
Jika tidak diberi makan, dapat teriak dengan kencang dan dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa kepada wanita tersebut. Karena wanita itu tetap tidak mau memberi makan, rambut wanita itu pun mulai bergerak sendiri seperti ular dan memberikan makanan ke mulut kedua supaya wanita itu makan.
Seorang wanita pelit pergi ke hutan dengan membawa kapak suaminya untuk memotong kayu. Ketika memotong kayu, ia tidak sengaja memukul ke kepalanya dengan kapak suaminya. Tetapi lukanya tidak pernah sembuh. Dan terbentuklah mulut misterius itu.
Ada seorang ibu yang membiarkan anak tirinya mati kelaparan dan dia hanya mengisi perutnya saja makan. Roh anak terlantar itu pun masuk ke tubuh ibunya dan membuat mulut baru dibelakang kepalanya untuk membalas dendam.

1 komentar: