Senin, 21 Desember 2015

yokai yang sering muncul di anime/manga



yokai yang sering muncul di anime/manga


1. kuchisake onna

 
 



Kuchisake onna legenda  paling terjenal dijepang yang sering muncul di anime dan manga. Kuchisake onna biasanya menggenakan baju yang serba merah dan memakai masker di wajahnya. Ia sering menunggu orang-orang lewat dijalan yang sepi dan jika ada yang lewat biasanya ia akan bertanya “apakah aku cantik ?” jika yang ditanya menjawab ‘tidak’ maka kuchisake onna akan mengejarnya dengan membawa sabit, apabila yang ditanya menjawab ‘iya’ maka kuchisake onna akan membuka maskernya dan akan bertanya lagi “apakah jika begini akan cantik juga ?” biasanya orang tersebut memang akan dibiarkan pergi oleh hantu kuchisake Onna tersebut. Akan tetapi hantu tersebut tetap mengikutinya dari belakang, dan akan membunuhnya tepat setelah orang tersebut berada di depan rumahnya. Akan tetapi, terdapat cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan jawaban ‘biasa saja’, ‘lumayan’ ‘mungkin’ , atau pun menanyakan balik pada sang hantu, jawaban yang demikian dapat membuat Kuchisake Onna kebingungan. Selain itu, kuga bisa dengan memberikan jawaban ‘pomade’ sebanyak 3 sampai 6 kali, jawaban ini dipercaya dapat membuat Kuchisake Onna kabur terbirit-birit karena ketakutan dengan kejadian operasi yang dulu sempat menimpanya.

Konon Kisah hantu Kuchisake Onna sendiri menurut legenda kuno yang beredar merupakan seorang wanita muda yang hidup pada zaman Heian. Dia disebutkan sebagai seorang istri atau selir samurai. Ia dikaruniai wajah yang sangat cantik, tetapi memiliki sifat yang sombong. Kuchisake Onna juga disebutkan sering berselingkuh dibelakang suaminya. Suaminya merasa sangat cemburu dan dihianati, oleh sebab itu suaminya kemudian menyerang dan membelah mulutnya dari telinga yang satu ke telinga yang lainnya. Kemudian suaminya berkata, "sekarang siapa yang akan berkata kau cantik?". Tetapi ada juga versi yang lain kisah Kuchisake Onna yang digambarkan sebagai seorang wanita yang mengalami kegagalan operasi wajah. Pada kisah ini bermula dari sosok dokter bedah pelastik yang dinyatakan menggunakan pomade (sejenis minyak rambut) yang memiliki bau yang teramat menusuk. Ketika tengah melakukan operasi, dokter tersebut tidak bisa tenang karena bau dari pomade, hingga akhirnya secara tidak sengaja sang dokter justru malah merobek bagian mulut wanita tersebut.

2. hanako

 








Hantu hanako adalah legenda urban Jepang tentang sesosok gadis yang menghantui kamar mandi sekolah. Hanako sering muncul di anime dengan perawakan sebagai gadis kecil berambut bob dengan menggenakan rok merah.
Bagi setiap murid yang berani untuk menantang kemunculannya,mereka cukup mengetuk pintu toilet tersebut sebanyak tiga kali, dan memanggil namanya. Jika murid tersebut berani, ia dapat bertanya pada hantu hanako san tersebut mengenai keberadaannya, dan hantu hanako san pun akan menjawab keberadaannya. Apabila hantu itu terdapat di dalam toilet tersebut, kemudian pintu itu dibuka oleh murid yang menantangnya, maka murid tersebut dapat melihat wujud dari hantu hanako san seperti yang disebutkan di atas tadi, dan ia kan terbawa masuk ke dalam toilet tersebut. Adapun kisah lainnya yang menyatakan bahwa hanako san adalah seorang anak kecil yang tengah bermain petak umpet bersama kawannya, namun ketika tengah bersembunyi tiba-tiba saja ia tewas karena kejatuhan bom dari serangan udara. Kisah tersebut dinyatakan terjadi pada saat perang dunia II
Selain itu masih terdapat pula kisah lainnya, yang menyatakan bahwa hanako san adalah seorang anak perempuan yang merupakan korban dari kekerasan yang dilakukan oleh orang tuanya sendiri, kemudian mayatnya ditemukan di toilet sekolah. Kisah tersebut juga ada yang menyebutkan bahwa hanako san pada saat itu tengah bersembunyi di toilet sekolah untuk menghindari kejaran dari ibunya yang mengalami gangguan jiwa, akan tetapi ketika tengah bersembunyi ia ditemukan dan pada akhirnya dibunuh di toilet tersebut. 
 Keberadaan Hanako sama sekali tidak membahayakan jiwa dan tidak suka meneror dengan rasa dendam. Ia hanya makhluk halus yang hanya sekedar muncul untuk menunjukan eksistensinya dan menjadi 'maskot' hantu masa kini yang ditakuti anak-anak. Orang yang melihatnya, paling hanya akan lari terbirit-birit dan Hanako tidak akan mengejar. Tidak ada cara khusus untuk menangkal Hanako. Bahkan ada yang menyebutkan jika hantu Hanako pada aslinya adalah sosok yang baik bahkan mau menolong siapa saja yang tengah dalam masalah dan disebut-sebut kerap membawa keberuntungan.
 
3. yuki onna



 













Yuki-onna akan muncul saat badai salju terjadi dan berwujud wanita cantik dengan kulit pucat, rambut hitam dan berpakaian serba putih sebagian besar wanita ini muncul dalam pakaian berbalut kimono. Tapi biasanya yuki onna muncul di anime dalam bentuk cewek yang sangat imut hehe..
Saat badai salju terdapat dua orang pria yang satu muda dan satu lagi tua, Yuki-onna membekukan pria tua tersebut tetapi membiarkan pria muda untuk hidup. Namun, dia mengancam kepada pria tersebut bahwa jika pria tersebut memberitahu siapa pun tentang dia maka Yuki-onna akan membunuhnya. Bertahun-tahun kemudian pria muda tersebut akhirnya menikah dengan Yuki-onna dan hidup bahagia dengannya, bahkan akhirnya kedua pasangan tersebut mempunyai anak. Anehnya Yuki-onna tidak tampak menua jika dibandingkan dengan suaminya. Dan itu membuat bingung sang pria yang tidak mengetahui bahwa wanita yang dia nikahi adalah jelmaan siluman. Setelah beberapa lama akhirnya wanita itu pun menjelaskan semuanya bahwa dia adalah Yuki-onna (wanita salju). Namun dia tidak membunuh pria tersebut karena pria tersebut telah memegang janjinya untuk tidak menyebarkan berita bahwa Yuki-onna telah membunuh seorang pria tua beberapa tahun yang lalu. Dan  Yuki-onna pun sangat perduli akan keselamatan anak-anaknya maka dia pun mengancam pada pria tersebut agar selalu menjaga anak mereka apapun yang terjadi. Karena pria tersebut adalah pria yang penuh kasih sayang maka pria tersebut menjaga anak mereka sampai akhir hayat menjemputnya. Dan karena sudah tidak menemukan alasan untuk tinggal di dunia nyata maka Yuki-onna pun meninggalkan dunia nyata dan selalu menjaga keselamatan anaknya dengan cara mengawasi mereka dari alamnya.

4. kappa

 












Kappa yang sering diidentifikasi sebagai dewa air memiliki berbagai macam sebutan. Nama lain dari makhluk ini diantaranya adalah Kawataro (bocah air), Kawaka, Kawaranbe, Kyuusenbou, Masunta, Mu jima dan Ningyo.

Kappa bisa dijumpai di danau, sungai, mata air dan bahkan di saluran irigasi. Kadang ia digambarkan memiliki bentuk seperti seekor ular, naga, belut ataupun kura-kura.
Namun deskripsi Kappa yang paling populer adalah bertubuh seperti anak kecil, berwajah kera, memiliki tempurung di punggung, rambut panjang dan kulit bersisik yang berwarna kuning hijau. Beberapa catatan mengatakan makhluk ini dapat mengubah warna tubuhnya seperti bunglon. Satu ciri yang unik dari Kappa adalah adanya sebuah rongga tanpa tutup di atas kepalanya. Rongga bulat ini berisi air yang menjadi sumber kekuatan Kappa. Walaupun memiliki ukuran seperti anak kecil, Kappa disebut memiliki kekuatan yang besar. Ia berani menyerang seekor kuda dan mampu menarik mangsanya yang bertubuh lebih besar ke dalam air. Menurut berbagai legenda, Kappa mendapatkan kekuatannya dengan meminum darah dan menyantap isi perut mangsanya.
Walau kadang dideskripsikan sebagai makhluk yang jahat, namun banyak legenda menceritakan mengenai Kappa sebagai makhluk yang baik dan pandai mengobati. Jika ia tertangkap dan diminta untuk berjanji agar tidak mengganggu penduduk lagi, ia pasti akan menepati janjinya.

5.  tengu









Mitologi Tengu bermula dari sekitar abad ke-6 Masehi sejalan dengan tibanya agama Budha ke Jepang dari Cina. Tengu dianggap sebagai goblin yang tinggal di hutan dan gunung. Mereka disebut memiliki kekuatan supranatural seperti dapat berubah bentuk menjadi manusia atau hewan, dapat berbicara kepada manusia tanpa membuka mulut dan mampu pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat menggunakan sayapnya. Menurut Legenda, sewaktu masih bocah, perajurit legendaris Jepang bernama Minamoto no Yoshitsune yang hidup pada tahun 1159-1189 pernah berlatih ilmu pedang dengan raja Tengu Soujoubou dekat Kuramadera di gunung utara Kyoto.

6. nurarihyon

 

















Nurarihyon (ぬらりひょん) atau Nurihyon (ぬうりひょん) adalah salah satu dari Yokai yang paling disegani. dan disebut-sebut berasal dari Prefektur Wakayama. Terkadang ada yang menyebutkan bahwa ia adalah keturunan dari Umibouzu dari Prefektur Okayama. Biasanya Nurarihyon muncul dengan rupa seorang kakek-kakek tua dia sering disebut sebagai pemimpin yokai. Nurarihyon menyelinap ke rumah seseorang saat penghuninya sedang pergi. Di sana ia meminum teh, dan bertingkah seolah-olah ia merupakan pemilik rumah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar